RSS

8 Vending Machine Canggih dan Unik

06 Jan

Mungkin untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, vending machine adalah hal yang tidak lazim ditemukan di jalanan atau tempat-tempat tertentu. Namun belakangan, mesin penjual minuman otomatis ini sudah mulai tersebar terutama di kota Jakarta. Anda bisa menemukan mesin penjual minuman ini di halte busway Trans Jakarta atau beberapa mal. Sedikit berbeda dengan di luar negeri, vending machine sejenis ini bisa Anda temukan bahkan di jalanan sekalipun tanpa perlu harus masuk ke sebuah toko atau mal tertentu.

Umumnya, vending machine memang terbatas hanya menjual minuman saja, tetapi bagaimana jika Anda menemukan salah satu vending machine berteknologi tinggi seperti berikut ini?

1. Dream Vendor: 3-D Printing Vending Machine

Cukup masukkan SD Card yang berisi sebuah obyek yang Anda desain dengan program 3D, lalu mesin ini akan bekerja untuk mencetak desain tersebut dalam bentuk 3D! Vending machine yang berlokasi di Virginia Tech ini memungkinkan pengguna untuk mencetak desain apapun dengan bahan utama plastik.

2. Dance Reward Coca Cola Vending Machine

Ingin mendapatkan Coca Cola gratis dari vending machine ini? Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma dengan satu buah syarat: Anda harus menari di depan mesin! Vending machine yang bisa Anda temukan di Korea Selatan ini menggabungkan teknologi vending machine dengan rhythme game di mana Anda perlu menarikan sesuai dengan gerakan yang ditampilkan dalam layar video. Semakin akurat gerakan tarian Anda, akan semakin besar hadiah yang bisa Anda raih! Vending machine unik ini berteknologi Microsoft Kinect untuk memantau gerakan dari para penantangnya.

3. Starbucks Vending Machine

Penggemar kopi pasti akan langsung mengenal brand yang satu ini. Sesuai namanya, vending machine ini akan menyediakan kopi yang bisa Anda olah sendiri ukuran dan jenis minumannya dengan layar touchscreen. Dengan berbagai jenis minuman yang disediakan, Anda mampu membuat 280 jenis minuman dengan vending machine ini! Proses pembuatan kopi dalam vending machine ini dikembangkan oleh Pepsi dan empat buah mesin ini sudah diluncurkan di Amerika Serikat sekitar pertengahan atau akhir tahun 2012 kemarin.

4. Let’s Pizza Vending Machine

Mungkin Anda sudah bisa menebak mesin penjual apakah ini—tepat sekali, mesin ini menjual pizza! Diluncurkan di Inggirs dan beberapa negara belahan Eropa, mesin ini akan menerima pesanan pizza  berukuran 10.5 inci yang diproses seperti pizza sungguhan di dalam mesinnya. Tak perlu menunggu selama 15-30 menit, pizza ini akan langsung siap disantap hanya dalam waktu 2.5 menit! Karena kepopulerannya, ada kemungkinan mesin ini akan hadir juga di Amerika Serikat.

5. Wine Vending Machine

Self-service wine-dispensing system sudah mulai dimasukkan ke beberapa restoran dan toko sejak beberapa tahun yang lalu. Salah satunya adalah Napa Technology Wine Station ini, di mana mesin ini memiliki 28 buah botol anggur di dalamnya. Anggur yang tersimpan di dalam tetap terjaga dan terjamin kualitasnya berkat bantuan oksigen dan gas argon, begitu juga sistem pendingin thermoelectirc yang mengurangi kebutuhan untuk sirkulasi cairan. Untuk dapat menggunakan mesin ini, Anda perlu wine card yang dapat dibeli di toko yang menyediakan mesin ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak di bawah umur menggunakan mesin ini. Mesin penuang anggur ini dapat Anda temukan di beberapa hotel, bandara, supermarket atau kapal pesiar di Amerika Serikat.

6. Espresso Book Vending Machine

Satu buku dicetak hanya dalam waktu 5 menit, vending machine ini dapat Anda gunakan untuk mencetak buku dari berbagai penerbit maupun terbitan Anda sendiri. Mesin ini menggunakan software khusus yang diberi nama EspressoNet untuk dapat terhubung dan mencari berbagai seri buku yang bisa Anda cetak. Setelah menentukan buku apa yang akan dicetak, mesin akan langsung mencetak halaman-halamannya menggunakan printer Xerox 4112. Mesin EBM ini dapat mencetak lebih dari 500 halaman dengan kecepatan cetak 100 halaman per menit. Setelah selesai dicetak, mesin ini akan memotong ukuran sesuai dan persis sama dengan buku aslinya, lengkap dengan full-color cover-nya. EBM ini dapat ditemukan di beberapa toko buku dan perpustakaan Amerika Serikat.

7. Coca Cola Freestyle Vending Machine

Diperkenalkan pertama kali di tahun 2009 di Amerika Serikat, mesin ini dapat membuat lebih dari 125 kombinasi minuman ringan sesuai dengan keinginan Anda hanya dengan menekan tombol yang tersedia. Orange Coke, Grape Powerade, atau Fruit Punch Fanta bisa Anda buat dengan mesin ini. Sistem PurePour dalam mesin ini menyimpan 5 galon tangki minuman seperti yang biasa dapat ditemukan di counter restoran cepat saji. Hanya saja, tangki tersebut dibagi per 46 ons cartridges yang menyimpan berbagai jenis minuman yang dapat dikombinasikan.

8. Pharmaceutical Vending Machine

Dapat ditemukan di beberapa rumah sakit bagian gawat darurat dan care center di Amerika Serikat, mesin ini memungkinkan para pasien untuk mengambil obat berdasarkan dari kode untuk resep dokter yang sudah mereka dapatkan. Dengan menggunakan layar touchscreen, pasien menggunakannya dengan cara memasukkan kode dari resep dokter yang mereka terima dan menjawab beberapa pertanyaan sebelum akhirnya pasien dapat membayar menggunakan kartu debit atau kredit. Mesin akan melakukan pemeriksaan ulang sebelum membungkus obat dan mengeluarkannya untuk dapat diambil oleh pasien. Selain memiliki kemampuan untuk mencetak obat, mesin ini juga dilengkapi dengan telepon yang akan langsung tersambung ke bagian farmasi jika pasien mengalami masalah dalam menggunakan mesin ini.

sumber| http://www.jagatreview.com

 
Leave a comment

Posted by on January 6, 2013 in popular Science

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: